Sabtu, 14 Juli 2012

Bahaya Merokok

Seringkali kita lihat di lingkungan sekitar orang yang merokok,tanpa mengetahui bahaya dari rokok tersebut.di dalam rokok terdapat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh seperti nikotin,tar,dan arzenik.

•Nikotin adalah zat yang dapat membuat detak jantung meningkat dan terjadi peningkatan darah.
• Tar adalah zat yang meninggalkan noda kuning kecoklatan pada gigi dan menurunkan kadar oksigen pada paru-paru.
• Arzenik adalah zat yang biasa digunakan dalam racun tikus dan itu bisa berbahayadan beracun bagi tubuh manusia

Banyak orang yang merokok(perokok) mengatakan hal seperti ini,katanya kalau merokok dapat memuaskan dirinya,bisa menghilangkan rasa lapar kalau merokok,dan juga bisa dijadikan sebagai gaya/trend.bahkan kalau para cowok tidak merokok dikatakan bukan pria sejati.

Tanpa kita sadari kita menghirup asap rokok baik itu disengaja maupun tidak disengaja,itu juga berarti kita memasukan racun ke dalam tubuh.Oleh sebab itu merokok dapat menggangu kesehatan.tidak hanya bagi kesehatan manusia,asap rokok juga dapat mencemari udara.merokok juga dapat mengakibatkan pembekuan darah yang dapat menghambat aliran darah yang menuju ke jantung,sehingga beresiko serangan jantung.

Bahkan baru-baru ini kita dengar dan lihat di situs youtube,ada seorang anak kecil yang merokok,padahal ada orang dewasa di sebelahnya,ini menjadikan pelajaran bagi semua orang tua supaya mendidik anaknya dengan baik sejak usia dini.hal tersebut membuat bertambahnya jumlah perokok khusunya di Indonesia yang sudah cukup banyak.
 
Bagi beberapa perokok sudah memikirkan cara/solusi untuk mereka agar bisa berhenti menjadi perokok.berikut adalah beberapa solusinya,

Solusi berhenti merokok :
• Siapkan diri dan bulatkan niat untuk berhenti menjadi perokok.
• Setiap bangun pagi,usahakan minum air putih 1 gelas penuh.
• Biasanya kalau selesai makan merokok,usahakan tidak merokok
• Jika ada teman yang kebetulan merokok menawari anda rokok,tolong tahan nafsu anda untuk merokok
• Bila semua itu dilaksanakan dengan bagus dan anda berhasil,ya paling tidak dalam beberapa hari atau beberapa minggu anda akan ada kesempatan untuk berhenti merokok.

Tidak ada salahnya kita mencoba solusi tersebut,ya walaupun solusinya sedikit,mudah-mudahan bisa memotivasi para perokok untuk berhenti melakukan kegiatan yang merugikan kesehatan…svaha/amin!!!hehe

!! Maka mulai dari sekarang kita hentikan budaya merokok.lebih baik mencegah dari pada mengobati. !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar