Sabtu, 14 Juli 2012

Bahaya Narkoba

Narkoba akhir-akhir ini seringkali di salah gunakan,karena narkoba yang saat ini telah banyak ada, seperti ganja, sabu-sabu, ekstasi.Bahkan berbagai macam obat-obatan yang mengandung narkoba seringkali disalahgunakan tanpa mengetahui seberapa bahayanya narkoba itu,seperti terganggunya syaraf yang menyebabkan kecanduan, dan lain-lain.

Meski begitu terkadang berbagai macam obat yang mengandung narkoba masih digunakan di dunia kedokteran, akan tetapi diberikan untuk pasien-pasien tertentu saja, tidak untuk dikonsumsi secara umum atau bebas oleh masyarakat.

Mungkinkan seseorang itu menggunakan narkoba karena beberapa hal,sperti tidak adanya perhatian dari orang sekitar,karena coba-coba tanpa mengetahui efeknya dan akhirnya kecanduan,kurangnya pengatahuan,mungkin karena depresi/stress,atau ada hal lain yang memungkinkan orang tersebut menggunakan narkoba.

Berikut adalah beberapa efek yang diakibatkan dari penyalahgunaan narkoba:
• Depresan, yakni sistem syaraf pusat menjadi tertekan sehingga aktifitas fungsional tubuh menjadi terkurang maka para pemakai merasakan ketenangan,dan juga pengguna dibuat tidur dan tidak sadar. Jika dosisnya berlebihan akan menimbulkan kematian. Macam dari narkoba depresan yaitu opioda, dan turunan yang lainya yaitumorphin dan heroin. Yang sekarang terkenal yaitu Putaw.

• Stimulan, yakni fungsi tubuh dapat terangsan serta kegairahan dan kesadaran menjadi meningkat. Macam daristimulan yaitu Kafein, Kokain, Amphetamin. Contohnya Shabu-shabu dan Ekstasi.

• Halusinogen, mengubah daya persepsi atau menyebabkan hayalan.Halusinogen banyak berasal dari tumbuhan seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur. Ada juga yang diracik di lab. Pil ekstasi atau ganja adalah yang paling banyak digunakan.

Jika narkoba digunakan dalam jumlah yang banyak atau melebihi ukuran yang sudah ditentukan bisa menjadikan penggunanya kecanduan,seperti gangguan fisik dan psikologis yang ditimbulkan dari kecanduan.maka menimbulkan rusaknya system syaraf pusat dan organ tubuh yang lain seperti :paru-paru,ginjal,jantung dan hati.

Dampaknya yang ditumbulkkan itu tergantung dari jenis narkoba yang digunakan.umumnya akibat dari kecanduang itu bisa muncul pada fisik dan psikis seseorang.

Maka dari itu,mulai hari ini kita jauhi drugs(narkoba) supaya kita terhindar dari dampak-dampak yang ditimbulkan dari narkoba.itu untuk kepentingan diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar